• Macam-macam Sistem Operasi Smartphone

Macam-macam Sistem Operasi Smartphone

image


Sistem operasi, kalau menurut Wikipedia adalah "Seperangkat program yang mengelola sumber dayaperangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting."

Sederhananya gini, sistem operasi (Operating System atau disingkat OS) adalah sebuah program yang mengatur hardware dari sebuah perangkat dan menyalakan fungsi hardware tersebut untuk menjalankan sebuah aplikasi (software).

Masih belum ngerti ya? Sama, gue juga gak ngerti... :D

Dulu, OS hanya bisa berjalan pada komputer. Seiring dengan perkembangan jaman, OS pun ditanamkan pada ponsel yang sering disebut Smartphone. Ponsel bersistem operasi yang pernah populer adalah Symbian dan PDA (Personal Digital Assistant) tapi gue suka nyebut PDA dengan sebutan PPC (Pocket PC).

Nah, OS apa saja yang pernah dan masih eksis sampai sekarang? Berikut beberapa diantaranya;

1. Windows Mobile / Windows Phone

image





Dulu smartphone atau ponsel bersistem operasi didominasi oleh OS Windows Mobile yang disebut PDA. Berbagai vendor terkemuka pun banyak yang mengadopsi OS ini, mulai dari HTC, Samsung, O2, dan vendor lainnya. OS ini adalah besutan perusahaan teknologi Microsoft.
Nama Windows Mobile berganti menjadi Windows Phone setelah di-upgrade ke versi 7. UI (User Interface) atau antarmuka tampilan OS pun berubah menjadi gaya metro, yaitu kotak-kotak warna-warni atau disebut Live Tiles. UI terasa segar, smooth, simple, namun minim kostumisasi. Pada upgrade versi ke 8.x (sekarang), opsi kustomisasi pun ditambahkan, seperti Action Center yang menampilkan notifikasi atau pemberitahuan dari sebuah aplikasi, background Live Tiles yang ciamik, dan pilihan warna tambahan.
Sayangnya, OS ini bersifat tertutup sehingga para vendor dan developer gak bisa memodifikasi atau menambah fitur tambahan lain. Beda halnya dengan OS Android yang bersifat terbuka (Open Source), vendor maupun developer bisa bebas memodifikasi OS tersebut.

2. Symbian

image




Symbian dipopulerkan oleh Nokia dansempat menjadi 'raja' ponsel di seluruh dunia. Beberapa ponsel Nokia ber-OS Symbian yang laris diantaranya adalah tipe 6600 dan N-Gage.
Bukan hanya Nokia yang memakai Symbian, vendor kelas atas lain pun turut ikut mencicipi, seperti Samsung, Sony Ericsson (Sekarang Sony), dll.
Namun cukup disayangkan Symbian telah dimatikan atau discontinued. Entah Symbian akan dihidupkan kembali atau gak. Sebagai info, di situs Symbian menerangkan bahwa ia telah 'dimatikan' namun masih melakukan penelitian. Tau dah neliti apaan...

3. MeeGo (Sekarang Tizen)

image
Ada yang aneh dari situs MeeGo, soalnya pas berkunjung ke situs tapi dialihkan ke situs Tizen.
Apa MeeGo memang udah diganti nama jadi Tizen?
Ya, benar. MeeGo adalah OS hasil kerjasama antara Nokia dan Intel, perangkat pertama dan terakhirnya adalah Nokia N9. Namun Nokia memutuskan untuk beralih ke OS Windows Phone dan mengakhiri kerjasama dengan Intel. Kemudian Intel bekerjasama dengan LiMo Foundation. Mereka (Intel dan LiMo) pun mengubah namanya menjadi Tizen.
Satu-satunya vendor yang 'gatel' pengen OS Tizen adalah Samsung, dan sekarang Samsung sudah mengeluarkan perangkat pertamanya yang ber-OS Tizen, yaitu Samsung Z1.

4. iOS

image


iOS adalah sistem operasi tertutup besutan perusahaan teknologi ternama, Apple, yang dikhususkan untuk produknya sendiri, yaitu iPhone.
Apple mendedikasikan perangkatnya untuk orang-orang profesional atau yang sudah mapan. Disetiap layanan yang diberikan secara keseluruhan berbayar. Meski ada yang gratis, pengguna tetap harus mencantumkan nomor kartu kredit untuk tetap menikmati layanannya dan/atau menginstal aplikasi di toko aplikasi Apple.

5. BlackBerry / BB

image
BlackBerry OS adalah sistem operasi tertutup besutan RIM (Research In Motion) yang sekarang perusahaan tersebut sudah berganti nama menjadi BlackBerry Limited. BB OS sama konsepnya seperti iOS, yaitu hanya tersedia untuk perangkat atau produk BlackBerry saja. Keunggulan dari BB OS adalah layanan enterprise atau dengan nama lain BES (Blackberry Enterprise Service), tingkat keamanan yang tinggi, layanan messenger BBM, Email, dsb. Namun, saat OS Android mulai 'menunjukkan gigi', popularitas BB pun makin merosot, bahkan ada isu perusahaan BlackBerry akan dijual. Entah strategi apa yang lagi dijalankan, pihak BlackBerry menyebarkan layanan messenger miliknya, BBM (Blackberry Messenger), agar bisa digunakan di OS Android dan iOS serta Windows Phone.

6. Android

image
Untuk saat ini, Android OS masih 'merajai' dunia smartphone. Berbagai vendor dunia bahkan vendor lokal berlomba-lomba membuat perangkat terbaik menggunakan OS Android.
Android pada awalnya direncanakan hanya untuk sistem operasi perangkat kamera, bukan ponsel. Google melihat Android memiliki potensi yang besar, maka Android pun diakusisi oleh Google, dan sekarang Google adalah empunya Android yang bersifat terbuka (Open Source).
Kepopuleran Android dikarenakan kemudahan dalam pengoperasian aplikasi, kemudahan kostumisasi, kebebasan untuk memodifikasi, dan pilihan aplikasi gratis untuk diinstal melimpah ruah di PlayStore.
Namun, karena OS Android bersifat Open Source, para vendor yang memproduksi perangkat Android selalu memodifikasi OS tersebut dan gak sedikit dari perangkat yang sudah ada gak dapet pembaharuan atau update atau dukungan software dari vendor maupun Google, hal ini juga karna limitasi dari spesifikasi perangkat. Hanya perangkat Nexus dan perangkat Google Play Edition yang mengadopsi OS Android asli tanpa modifikasi juga perangkat tersebut yang pertama mendapatkan update sistem dari Google. Selebihnya untuk perangkat yang sudah dimodifikasi oleh vendor atau OEM, hanya bergantung pada kebijakan vendor tersebut. Jika vendornya mau ngasih update, paling harus nunggu berbulan-bulan lamanya.

7. Sailfish

image


Sailfish adalah sistem operasi baru besutan Jolla yang masih dalam tahap research and development. Jolla sendiri dibentuk oleh pegawai eks Nokia dan sudah meluncurkan perangkat pertama ber-OS Sailfish.
Banyak media mengatakan bahwa Sailfish adalah sitem operasi modifikasi dari MeeGo. OS Sailfish berjalan diatas linux yang berkemungkinan bisa menjalankan aplikasi Android (eksekusi file .apk). Antarmuka yang ditawarkannya seperti pada BB OS 10.x, yaitu swiping / gesture. Spesifikasi minimum yang disyaratkan pun cukup terbilang lumayan. Sistem operasi ini bersifat terbuka (Open Source)

Dari ke tujuh sistem operasi yang berjalan pada perangkat ponsel diatas, pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Gak ada yang bisa menjadi 'sempurna', seluruh yang ada di kehidupan ini hanya biasa berusaha melakukan yang terbaik. So, kalau loe seorang penggemar atau fans dari OS diatas, jangan terlalu fanatik ya! Apalagi sampai menjelek-jelekan, menghina dan menghujat. Are you perfect?

Mohon maaf kalau ada salah. Tolong kasih tau kalau emang ada yang salah, supaya gue bisa perbaiki...

Thanks...
What's your OS?

1 comments:

  1. […] [16]https://cokkey.wordpress.com/2014/12/13/macam-macam-sistem-operasi-smartphone/ […]

    BalasHapus